Langkah pertama adalah dengan meng-install dulu “Visual SVN server”, pada saat proses menginstall nanti akan terbentuk suatu URL –> url ini bisa kita buka di web browser untuk mengetahui isinya.

Ok, setelah itu di window svn server, dengan meng-click –> (Visual SVN server (Local)) –> akan muncul beberapa item di sebelah kanannya, salah satunya adalah “Subversion Authentication” –> “Create new User”. Dengan ,meng-click “create new user” –> kita bisa membuat user yang boleh commit beserta dengan password dari user tersebut.

Item lainnya yang muncul adalah “create new repositori” –> ini untuk buat repositori, caranya cukup click saja dan beri nama misal: exRepo, maka akan terbentuk sebuah url baru –> http://Wibowo-Friend:8082/svn/exRepo (untuk kasus saya).

Setelah itu kita bisa bisa mengimport suatu project mentah (dasar) yang nantinya mau ditaruh di repositori untuk dikembangkan. Caranya adalah dengan menggunakan bantuan totoise. Click kanan folder/workspace dari project mentah yang aka diimport, lalu pilih TortoiseSVN –> import –> muncul window dari tortoise dan masukkan url repositori kita yang tadi yakni –> http://Wibowo-Friend:8082/svn/exRepo, pada bagian message isi saja message apapun yang anda suka dan click OK. Proses selesai.

Selanjutnya anda bisa melakukan checkout dari “eclipse” atau “toroise” dengan menggunakan url tadi   yang dibuat–> http://Wibowo-Friend:8082/svn/exRepo

Selamat Mencoba, adn semoga tidak lupa.