Kali ini saya akan mem-posting suatu artikel mengenai database, meski posting ini terkesan sepele dan sederhana, tapi bagi yang belum tahu mungkin akan bermanfaat (*ngarep). Niatnya sih kali ini aku akan menguraikan cara memindahkan data dari suatu tabel di dalam suatu database ke file berbentuk file Microsoft Excel. Kalau dilakukan dengan manual mindahin dengan copy paste satu-satu per data, tentunya sangat menjemukkan dan bisa membuat pgl-pgl alias pegel-pegel. Dalam posting kali ini, saya gunakan Oracle sebagai databasenya dan Toad sebagai tools-nya.


Ok mari ikuti saja langkah-langkah kecil seperti di bawah ini:

Pertama-tama  berdoa dulu baca “Bismillah”, dengan harapan agar dimudahkan dalam mengekspor data dan mendapat pahala : ). Setelah berdoa coba buka table yang datanya ingin di-ekspor ke Microsoft Excel, buka tablenya dengan db-tools yang disebut Toad for Oracle. Nah harus punya dulu ya Toad-nya, kalau belum punya ya, usahakan punya dulu kalau mau pake : P (*maksa dikit) soalnya kurang afdhol kalau belajarnya cuman pake imajinasi wkwkwkwk.

Kalau sudah terbuka, akan ada penampakan yang semisal dengan gambar dibawah ini (ini gambar hanya aku ambil bagian tab data-nya saja). Setelah terbuka, jaga konsentrasi dengan baik-baik, dilihat dengan seksama, klik kanan “grid header” lalu pilih dengan klik kiri “save as” seperti pada gambar dibawah (bagian yang ke highlight, tapi bukan yang berwarna biru).


Setelah di klik, akan muncul window popup seperti gambar di bawah ini. Pilih dropdown pada label “Export Format” dengan value Excel File. Jangan lupa untuk mengisi nama file dan sasaran direktori dari file tersebut, pada contoh di bawah aku namakan file hasil ekspor-nya nanti dengan nama hasil.xls yang aku letakkan di direktori C. Kalau udah klik  tombol “OK”. Tunggu sebentar sampai prosesnya selesai (boleh sambil ngopi kalau lagi gak di bulan puasa). Setelah proses selesai, lalu coba cari file tersebut di direktori yang telah diset tadi.



Selamat Mencoba : )